Pengertian
Iklan adalah suatu pesan
tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakasa yang
disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada
masyarakat. Tujuan iklan adalah agar masyarakat tertarik untuk membeli atau
menggunakan barang atau jasa tersebut.
Iklan yang tidak mendidik
Tayangan iklan televisi
Indonesia banyak yang tidak mendidik seperti menampilkan tayangan yg sensual
dan tidak cocok untuk dilihat oleh anak yg tidak cukup umur contohnya adalah
iklan "Mie S*d*p". Iklan Mie Ayam Krispi yang dibintangi musisi
Saykoji dan sejumlah penari dengan berpakaian yang tidak pantas di tayangan
dengan celana rok pendek yang melakukan tarian erotis. Hal ini menjadi iklan
yang tidak pantas untuk anak-anak dan remaja. dan contoh lain seperti cat avian
dengan wanita yang duduk di bangku dengan pakain yg seksi dan masih banyak lagi
iklan yang tidak baik ditonton oleh anak-anak.
Analisis :
Dalam hal ini saya
berpendapat agar KPI harus lebih selektif lagi dalam menayangkan iklan. Iklan
tersebut tidak pantas ditayangkan karena memperlihatkan wanita menari erotis
dengan pakain sensual. Karena dampak iklan tersebut dapat memberikan pemikiran
yang menjurus ke hal vulgar dan menjadi hal yang tidak pantas untuk dilihat
oleh anak kecil ataupun remaja karena dikhawatirkan akan memancing para
penontonnya memikirkan hal-hal yang tidak baik. Seharusnya KPI selektif dalam
memilih iklan yang akan ditayangkan agar iklan seperti ini tidak ditayangkan di tv dan hal seperti ini tidak terjadi lagi.
Sumber :
http://id.m.wikibooks.org/wiki/Subjek:Bahasa_Indonesia/Materi:Iklan
http://m.kompasiana.com/post/read/641704/2/iklan-mie-sedaap-ayam-krispi-merusak-sikap-anak-.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar