Senin, 12 Januari 2015

Iklan Yang Tidak Mendidik



Pengertian
Iklan adalah suatu pesan tentang barang/jasa (produk) yang dibuat oleh produser/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat. Tujuan iklan adalah agar masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut.

Iklan yang tidak mendidik
Tayangan iklan televisi Indonesia banyak yang tidak mendidik seperti menampilkan tayangan yg sensual dan tidak cocok untuk dilihat oleh anak yg tidak cukup umur contohnya adalah iklan "Mie S*d*p". Iklan Mie Ayam Krispi yang dibintangi musisi Saykoji dan sejumlah penari dengan berpakaian yang tidak pantas di tayangan dengan celana rok pendek yang melakukan tarian erotis. Hal ini menjadi iklan yang tidak pantas untuk anak-anak dan remaja. dan contoh lain seperti cat avian dengan wanita yang duduk di bangku dengan pakain yg seksi dan masih banyak lagi iklan yang tidak baik ditonton oleh anak-anak.

Analisis :
Dalam hal ini saya berpendapat agar KPI harus lebih selektif lagi dalam menayangkan iklan. Iklan tersebut tidak pantas ditayangkan karena memperlihatkan wanita menari erotis dengan pakain sensual. Karena dampak iklan tersebut dapat memberikan pemikiran yang menjurus ke hal vulgar dan menjadi hal yang tidak pantas untuk dilihat oleh anak kecil ataupun remaja karena dikhawatirkan akan memancing para penontonnya memikirkan hal-hal yang tidak baik. Seharusnya KPI selektif dalam memilih iklan yang akan ditayangkan agar iklan seperti ini tidak ditayangkan di tv dan hal seperti ini tidak terjadi lagi.

Sumber :
http://id.m.wikibooks.org/wiki/Subjek:Bahasa_Indonesia/Materi:Iklan

http://m.kompasiana.com/post/read/641704/2/iklan-mie-sedaap-ayam-krispi-merusak-sikap-anak-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar