Membaca Peluang Pasar
Suatu
perusahaan perlu menganalisa atau membaca peluang pasar yang dapat
dimanfaatkan. Membaca peluang pasar merupakan hal yang penting,karena dengan
itu, perusahaan dapat mengetahui apakah produk yang diciptakan mempunyai
peluang untuk dipasarkan dan dengan membaca peluang pasar perusahaan juga dapat
mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen.
Dari
mana kita dapat membaca peluang pasar? Peluang pasar bisa kita dapatkan dari
berbagai segi kehidupan,seperti segi teknologi, budaya, agama dsb. Sebagai
contoh dari segi teknologi, dengan semakin berkembangannya zaman teknologi yang
ada pun semakin canggih sehingga kebutahan konsumen menjadi meningkat. Ini
merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk
menyediakan alat-alat teknologi yang dibutuhkan konsumen,seperti
Handphone,komputer,televisi dll.
Di
dalam kehidupan kita sehari-hari pun banyak tercipta peluang pasar yang bisa
kita manfaatkan dalam rangka mendapatkan keuntungannya. Ini beberapa contoh
sederahana dari peluang pasar :
- Hallyu wave
Halyu
wave atau Korean wave adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya
pop korea atau KPOP secara global ke berbagi negara. Sekarang ini Indonesia pun
merasakan hallyu wave yang sangat besar. Dengan adanya hallyu wave otomatis hal
yang berhubungan KPOP pasti sangat diminati oleh para penggemar KPOP di
Indonesia,dengan ini kita mendapatkan peluang pasar dengan membuat usaha baik
dalam bentuk toko maupun online shop yang menjual segala pernak-pernik yang
berhubungan dengan KPOP,seperti kaset,baju,sepatu,dll.
- Lingkungan Rumah
Setiap
keluarga pasti memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Peluang yang
didapatkan dari segi ini yaitu kita dapat membuat sebuah warung maupun
supermarket yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
- Lingkungan Perkantoran
Di
lingkungan ini begitu banyak peluang yang dimanfaatkan,bisa kita liat banyak
warung makanan yang menjamur disekitar perkantoran. Ada pula banyak
tempat-tempat refreshing yang dapat menghilangkan kejenuhan para pekerja kantor
seperti salon,mall,dll.
- Butik muslim
Begitu
banyak muslimah-muslimah yang sekarang menggunakan hijab. Dengan membaca
peluang ini kita dapat membuat usaha butik muslim yang menyediakan berbagai
pakaian maupun hijab dengan gaya yang modern sehingga para muslimah berminat
untuk membelinya.
- Lingkungan Kuliah atau Sekolah
Peluang
yang dapat kita baca dari lingkungan ini adalah kebutuhan para siswa maupun
mahasiswa dalam menunjang pembelajaraan mereka seperti toko alat tulis,tempat
fotokopian,warnet maupun warung-warung makanan.
- Musim Hujan
Saat
musin hujan mungkin pemiliki kendaraan merasa kesal dengan keadaannya jalan
yang becek karena dengan begitu kendaraan mereka akan menjadi kotor dan tidak
enak untuk dikendarain atau dipandang. Peluang yang dapat diambil dengan cara
membuat tempat pencucian kendaraan. Sehingga meringgankan beban para pengguna
kendaraan yang tidak ada waktu untuk membersihkan kendaraannya. Selain itu kita
juga dapat menjual jas hujan maupun payung disekitar jalan,karena mungkin
sebagaian orang selalu malas membawa 2 alat itu.
- Acara keagamaan
Indonesia
memiliki agama yang beragam. Seperti agam islam yang merayakan hari raya idul
fitri,dan setiap muslim memiliki kebiasaan dalam merayakannya. Banyak
masyarakat yang membaca peluang besar ini dengan menjual pakaian-pakaian muslim
yang sedang trend,kue-kue kering maupun makanan khas lebaran. Begitu pun saat
natal tiba,banyak yang menjual pohon natal ataupun pernak-pernik natal lainnya.
Dalam hal ini peluang yang diambil adalah peluang musiman
Itulah
beberapa contoh sederhana peluang yang dapat kita lakukan. Pintar-pintar lah
dalam mencari peluang karena dengan mendapatkan peluang keuntungan pun bisa
kita raih.
-->
-->
Mengamati
Peluang Pasar didaerah Kampus
Untuk
membuat sebuah usaha pasti muncul beberapa pertanyaan , antara lain berapa
modal yang harus dikeluarkan , dimana tempat menjalankan, dan yang terpenting
adalah usaha apa yang akan kita buat . tentu saja usaha yang bisa terus
beroperasi dalam jangka panjang, usaha yang bisa terus berinovasi, yang tidak
mudah ditinggalkan oleh pelanggannya, dan yang pasti memberikan keuntungan .
Menurut
saya banyak sekali peluang pasar yang terdapat didaerah perkampusan , misalnya
saja mendirikan beberapa kamar kost, usaha fotocopy, membuka warung internet
atau biasa disebut warnet, mebuka warung makan dan sebagainya . usaha-usaha
tersebut pasti banyak sekali pemintanya. jelas saja , tidak sedikit mahasiswa
dikampus saya misalnya "Gunadarma" yang mahasiswa nya berasal dari
luar daerah , tentu mereka akan mencari tempat tinggal didekat kampusnya untuk
menghemat waktu dan tenaga pulang - pergi kuliah dengan rute yang cukup jauh .
Usaha
fotocopy, usaha ini juga tidak sedikit peminatnya, banyak sekali
berlembar-lembar kertas dari dosen contohnya saja modul untuk pembelajaran ,
artikel yang harus kita baca , sampai soal dan materi perkuliahan yang harus
kita fotocopy hampir setiap hari , maka dari itu peluang pasar untuk mendirikan
usaha fotocopy sangat besar didaerah perkampusan seperti ini .
Warung
makan , yaa usaha ini juga tak sedikit pengunjungnya , bahkan usaha ini dapat
meraih kocek keuntungan yang cukup lumayan . faktor kelelahan belajar menuntun
ilmu dikelas pasti membuat perut terasa lapar, sehingga pada jam jam tertentu
atau jam makan siang pasti para mahasiswa keluar mencari makan . Usaha nasi
kucing salah satunya , nasi kucing dengan lauk yang bervariasi seperti tempe
orek , ikan teri , telor puyuh bakar, tempe mendoan, serta beberapa jenis
minuman tradisional jawa disajikan dengan harga yang relatif murah sesuai
kondisi keuangan para mahasiswa, tentu usaha ini pun mempunyai peluang pasar
yang cukup besar .
Memanfaatkan Peluang Pasar
"Peluang Adalah EMAS", istilah itu
memang bukan
mengada-ngada, peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai
yang
sayang jika harus dilewatkan. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha
sukses,maka
jangan sekali-sekali mengabaikan peluang
usaha yang ada yang sebenarnya banyak disekitar kita. Peluang itu
banyak
sekali, menarik, dan indah. Tetapi dalam kenyataan hidup tidak banyak
orang
yang bisa memanfaatkan peluang yang ada. Bahkan banyak yang meninggalkan
peluang, meskipun peluang-peluang itu sudah di depan mata atau di
samping
dirinya. karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya,serta harus
dimulai
dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja jika
kita
melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang
niche atau
bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Peluang berarti juga pasar. Jika
seseorang ingin berhasil, apalagi berhasil sebagai entrepreneur, dia
harus bisa
secara cerdik menangkap dan memanfaatkan peluang, kemudian mengambil
keputusan
yang tepat agar memenangkan persaingan di pasar.Dengan kreativitas
berarti
seseorang bisa secara bersama-sama menciptakan atau menangkap peluang
dan
memaksimalkan resources lain yang bisa mendukung agar peluang-peluang
dan
kreativitas itu menjadi berhasil.Dan agar peluang-peluang dan
kreativitas itu
berhasil dibutuhkan komunikasi yang baik. Bagi seorang entrepreneur,
keterampilan berkomunikasi itu sangat penting. Segala ide dan
kreativitas yang
ada pada diri seorang entrepreneur harus bisa dikomunikasikan dengan
baik ke
pasar.
Seorang entrepreneur harus rajin pergi
ke mana saja, untuk mengkomunikasikan ide dan kreativitasnya. Dengan
komunikasi
yang baik, seorang entrepreneur harus punya keyakinan bahwa ide dan
kreativitasnya itu bisa diterima pasar,Memang tidak lah mudah bagi
seseorang
untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau
mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya.Ini akan terasa
berat
karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya
relatif.
v
Berikut tips cara memanfaatkan peluang
usaha :
1. Melakukan Riset Pasar
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana
3. Patuh terhadap aturan
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana
3. Patuh terhadap aturan
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran
Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani memulai wirausaha atas ide-ide anda sehingga anda akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus. Jangan takut untuk memulai usaha.
kita
harus yakin menentukan jenis usaha
yang akan kita tekuni. Jika kita merasa tidak yakin dengan jenis usaha
yang
kita dapatkan, cobalah temukan jenis usaha yang lain. Lebih baik Anda
membuat
jurnal atau sekedar membuat coret-coretan untuk membandingkan
jenis-jenis
usaha.
Namun selain
kerja keras dan cerdik memanfaatkan peluang ada hal yang juga perlu
diperhatikan, yakni unsur ‘luck’ (keberuntungan).Bagaimana pun, unsur
luck itu
penting bagi keberhasilan seseorang dalam berbisnis.
Cara memanfaatkan peluang pasar :
·
Memodifikasi (mengubah
sebagian karakter produk).
·
Menyempurnakan produk
pesaing.
·
Menawarkan produk yang
benar-benar baru.
·
Meningkatkan pelayanan.
·
Pengenalan cara
pemakaian
baru.
-->
Meramalkan
Peluang Pasar
Ramalan
penjualan berarti ramalan penjualan dari produk tertentu, perusahaan tertentu,
cabang perusahaan tertentu, pada waktu tertentu dari daerah penjualan tertentu.
Misalnya ramalan penjualan rinso oleh Unilever pada tahun 1993, ramalan
penjualan mobil Toyota pada tahun 1993 dan sebagainya.
Ramalan penjualan merupakan suatu faktor yang harus diperhatikan didalam perencanaan perusahaan. Hal-hal lainnya seperti jadwal produksi, pengeluaran untuk biaya advertensi, pengeluaran-pengeluaran lainnya tergantung kepada hasil ramalan penjualan. Ada beberapa cara untuk membuat ramalan yaitu:
Ramalan penjualan merupakan suatu faktor yang harus diperhatikan didalam perencanaan perusahaan. Hal-hal lainnya seperti jadwal produksi, pengeluaran untuk biaya advertensi, pengeluaran-pengeluaran lainnya tergantung kepada hasil ramalan penjualan. Ada beberapa cara untuk membuat ramalan yaitu:
- Meramalkan
penjualan berdasarkan pendapatan para eksekutif
Dengan cara ini
masing-masing anggota eksekutif membuat ramalan penjualan secara independent
yaitu bebas satu sama lain untuk periode yang akan datang, misal untuk tahun
depan. Ramalan yang mereka buat bukan saja berdasarkan pendapat akan tetapi
berdasarkan data yang sudah dipertimbangkan masak-masak. Cara meramal penjualan
dengan cara ini mempunyai kebaikan dan kelemahan, kebaikannya adalah bahwa cara
itu mudah sekali tanpa mempergunakan metode analisa kualitatif, akan tetapi
kelemahannya ialah bahwa cara tersebut sering selalu subyektif sifatnya, jadi
tidak obyektif sesuai dengan keadaan yang ada.
- Meramalkan
dengan menggunakan beberapa tenaga penjual.
Dengan cara ini
orang-orang yang langsung melakukan penjualan seperti para agen dan salesmen
dimana masing-masing mereka diharuskan membuat ramalan tentang hasil penjualan
untuk tahun yang akan datang menurut jenis barang produksi, daerah geografis
dan menurut besar kecilnya pendapatan para pembeli. Nilai ramalan dari mereka
kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan ramalan penjualan seluruh penjualan.
Kebaikan dari metode ini ialah biasa menanamkan perasaan bahwa mereka milik
dari perusahaan dimana dia bekerja dan memperoleh nafkah, oleh karena mereka
diikut sertakan didalam menentukan nilai ramalan yang menunjukan kemampuan
mereka didalam menjual barang ditahun yang akan datang. Kebaikan lainnya, bahwa
ramalan penjualan dibuat oleh mereka yang langsung melakukan penjualan sehingga
mengetahui kesukaran-kesukaran serta kondisi-kondisi lokal dimana mereka
beroperasi, hal mana tidak akan dialami oleh anggota staf pimpinan yang
biasanya bekerja dibelakang meja
- Meramalkan
dengan metode statistic
Dalam meramalkan
dengan metode statistic untuk pembuatan ramalan-ramalan biasanya digunakan
metode least squares.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar